Rabu, 26 Desember 2012

Media Optik (CD/DVD)

Media Optik (CD/DVD)
Media Optik adalah media penyimpanan yang menggunakan cahaya dalam membaca dan menulis ke dalam medianya. Media menggunakan ini yang telah dikenal adalah CD dan DVD.
Sedangkan drive yang digunakan adalah:
  • CDROM, hanya untuk membaca CD
  • DVDROM, bisa membaca CD dan DVD
  • CD-RW, bisa membaca dan menulis CD
  • DVD-RW, bisa membaca dan menulis CD dan DVD
  • DVD combo, bisa membaca CD dan DVD, tetapi hanya bisa menulis CD
1. Kecepatan Pembacaan atau Penulisan
Setiap device diatas pada umumnya memiliki panamaan, misalnya CDROM 52x. "52x" disini adalah kecepatan pembacaan yang dimiliki oleh suatu CDROM. Sedangkan pada CDRW penamaan menjadi CDRW 52x52x52x. "52x" pertama adalah kecepatan penulisan ke keping jenis CD-R (CD yang hanya dapat ditulis satu kali). "32x" adalah kecepatan maksimal penulisan ke keping jenis CD-RW ( CD yang dapat ditulis berulang-ulang). "52x" adalah pembacaan/penulisan dari CD sehingga apabila 52x maka kecepatannya 7,8/s
Untuk DVDROM juga menggunakan sistem penamaan yang sama, tetapi memiliki tingkat kecepatan yang berbeda. Pada 1x pada DVDROM berarti kecepatan transfer mencapai 1,32 MB/s atau hampur setara kecepatan 9x pada CDROM. Jadi pada DVDROM 16x memiliki kecepatan transfer data 21,13 MB/s.
2. File Sytem pada CD/DVD
Apabila kita ingin menaruh fata ke dalam device tentu saja device tersebut harus memiliki dile sytem. Untuk CD digunakan file sytem yang berbeda dengan yang kita gunakan di komputer. Hal ini dilakukan agar CD tidak terikat ke suatu vendor tertentu seperti microsoft atau Apple. Oleh karena dibuatlah file system khusus untuk CD yaitu ISO-9660 atau sering disebut CDFS. Penggunaan File System memungkinkan CD digunakan di[erangkat lain selain komputer.
3.Kapasitas Penyimpanan CD dan DVD
Dengan ditemukannya CD (Compact Disc) sebagai tempat penyimpanan pengganti floppy disk menyebabkan terobosan yang sangat besar dari segi penyimpanan. Dari floppy disk yang memiliki kapasitas maksimal 1,44 MB sekarang bisa mencapai hingga 650 kali lebih besar. Sebuah keping CD 12 cm bisa menampung hingga 700 MB, atau setara 80 menit film.
Dengan berkembangnya industri film maka juga dibutuhkan media yang dapat menyimpan data yang jauh lebih besar. Pencarian media optik yang dapat menggantikan video tape pun dimulai. Untuk CD tidak bisa dikatakan sebagai pengganti karena memiliki kualitas gambar yang rendah. Sedangkan Laserdisc yang sempat muncul dengan kualitas yang sangat bagus, tetapi karena menggunakan keping yang sangat besar (12 inch) maka harga produksi menjadi mahal. Oleh karena itu diciptakan DVD (Digital Versatile Disc). Dimana dapat menyimpan video selama dua jam. Pada akhirnya DVD juga digunakan untuk menyimpan data komputer. Saat ini DVD adalah media penyimpanan karena dapat menyimpan data yang besar.
-Jenis DVD: DVD-5
-Teknologi yang dipakai: Single Layer, Singel Side
-Kapasitas: 4,37 GB
-Kapasitas Penyimpanan Video: Lebih dari 2 jam
-Jenis DVD: DVD-9
-Teknologi yang dipakai: Dual Layer
-Kapasitas: 7,95 GB
-Kapasitas Penyimpanan Video: Sekitar 4 jam
-Jenis DVD: DVD-10
-Teknologi yang dipakai: Dual Side
-Kapasitas: 8,74 GB
-Kapasitas Penyimpanan Video: Sekitar 4 1/2 jam
-Jenis DVD: DVD-18
-Teknologi yang dipakai: Dual Layer, Dual Side
-Kapasitas: 15,90 GB
-Kapasitas Penyimpanan Video: Lebih dari 8 jam
Selain CD dan DVD, ada juga media penyimpanan optik lain yang memiliki kapasitas besar yaitu Blue Ray. Blue Ray adalah media penyimpanan yang digunakan untuk mengatasi penggunaan data yang besar, terutama dengan munculnya HDTV (High Definition TV). High Devinition menciptakan gambar yang jauh lebih tajam dengan menggunakan layar resolusi tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar